Kamis, 02 April 2015

 pengertian tabel dan jenis-jenis tabel



Tabel merupakan media penyajian data yang sering digunakan, tidak hanya dalam bidang statistik, tetapi juga dalam bidang-bidang keilmuan lainnya. ada beberapa jenis table yang umu digunakan. Disini saya akan menjelaskan sedikit jenis-jenis tabel tersebut.
1.   Tabel satu arah
Tabel satu arah adalah tabel yang memuat keterangan mengenai satu hal atau satu akrakteritik saja. Karakteristik yang ditunjukkan bisa berupa jumlah, ukuran, kadar/persentasi, dan lain-lain. Contoh tabel satu arah
Daftar inventaris kelas X-1 T.A. 2012/2013
Sumber : data fiktif

2.  Tabel 2 arah

Tabel dua arah adalah tabel  yang menunjukkan hubungan antara dua hal atau karakteristik. Misalnya data mahasiswa menurut kelompok usia dan jenis kelamin, asal daerah dan agama, jurusan dan jenis kelamin, dan lain-lain.
Contoh tabel dua arah
Jumlah mahasiwa STIS menurut tingkat dan jurusan tahun 2014
Sumber : data fiktif
3.   Tabel 3 arah
Tabel tiga arah adalah tabel yang menunjukkan hubungan antara tig hal atau tiga karakteristik. Misalnya data mahasiswa menurut jenis kelamin, asal daerah, dan jurusan, dan data petani menurut luas lahan, usia, dan jenis kelamin.
Contoh tabel tiga arah
Jumlah karyawan perusahaan Y menurut bagian kerja, jenis kelamin, dan pendidikan terakhir yang ditamatkan tahun 2010
Sumber : data fiktif


Dalam menyajikan data penelitian, terutama karya ilmiah, terdapat beberapa aturan-aturan dalam penulisan tabel. ini bisa dibaca pada postingan saya berikutnya tentang Aturan Penulisan Tabel. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar